Resep Gulai Anam Palembang, Kuliner Andalan Palembang

Gulai Cumi Empuk Lezat Isi Telur Resep ResepKoki
Gulai Cumi Empuk Lezat Isi Telur Resep ResepKoki from resepkoki.id

Gulai Anam adalah salah satu makanan khas Palembang yang terkenal lezat. Makanan ini berasal dari daerah Palembang yang kaya akan budaya, kuliner, dan sejarah. Makanan ini memiliki rasa yang unik dan menggugah selera, menjadikannya sebagai makanan khas Palembang yang paling banyak disukai. Gulai Anam Palembang memiliki cita rasa pedas dan manis, yang akan membuat Anda lupa tentang makanan lain. Walaupun terkenal dengan rasa pedas, Anda bisa menikmati makanan ini dengan cara yang lain. Yuk, kita bahas selengkapnya cara untuk membuat Gulai Anam Palembang.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Gulai Anam Palembang, Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut: 15 buah cabe rawit, 10 buah cabe merah, 1 ons daging sapi, 2 ons ikan patin, 2 buah tomat, 2 buah bawang bombay, 5 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk, 2 sdm kecap asin, 2 sdm minyak sayur, 2 sdm gula merah, 2 sdm garam, 1 liter air.

Langkah-Langkah Memasak Gulai Anam Palembang

Setelah Anda mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat Gulai Anam Palembang, berikut ini langkah-langkah cara memasaknya:

1. Potong-potong ikan dan daging

Potong-potong daging sapi dan ikan patin menjadi potongan kecil-kecil. Setelah itu, cuci dengan bersih.

2. Ulek bumbu-bumbu

Ulek atau haluskan cabe rawit, cabe merah, tomat, bawang bombay, dan daun salam. Setelah itu, campurkan dengan kecap asin, minyak sayur, gula merah, dan garam. Aduk hingga rata.

3. Masak bumbu

Masukkan bumbu yang telah dihaluskan kedalam panci. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan berubah warna. Setelah itu, masukkan daging dan ikan ke dalam panci. Masak hingga daging dan ikan hampir matang.

4. Tambahkan air

Setelah itu, tambahkan air hingga ikan dan daging benar-benar matang. Jangan lupa tambahkan daun jeruk dan aduk hingga rata.

5. Sajikan Gulai Anam Palembang

Setelah bumbu meresap dan ikan dan daging benar-benar matang, Gulai Anam Palembang siap disajikan. Anda bisa menikmati makanan ini dengan nasi putih atau bisa juga disantap dengan lontong atau ketupat. Rasanya yang unik dan nikmat pasti akan membuat Anda ketagihan.

Kesimpulan

Gulai Anam Palembang adalah salah satu makanan khas Palembang yang terkenal lezat. Makanan ini memiliki rasa pedas dan manis yang unik dan menggugah selera. Untuk membuat Gulai Anam Palembang, Anda membutuhkan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mengikuti langkah-langkah memasaknya yang telah disebutkan di atas. Setelah itu, Anda bisa menikmati Gulai Anam Palembang bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cozy and Creamy Chicken Potato Soup: A Comforting Recipe!

Fiery Fusion: Lip-Smacking Chili Recipe with Noodles!